Kaleidoskop 2022 : Terjadi 122 Kasus Kebakaran di Bojonegoro

Salah satu kejadian kebakaran di Kabupaten Bojonegoro pada 2022.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Sebanyak 122 kejadian kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sejak Januari hingga Desember 2022. Kebakaran tersebut terjadi di sejumlah kecamatan di Bojonegoro.

“Salah satunya terjadi di Kecamatan Baureno, kandang ayam terbakar hingga korban mengalami kerugian mencapai Rp 2 miliar,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Ahmad Gunawan.

Kebakaran kerap terjadi di Bojonegoro, apalagi saat musim kemarau tiba. Dia mengatakan, banyak penyebab terjadinya kebakaran terutama di permukiman warga. Juga kebakaran lahan hutan pernah terjadi di Bojonegoro bagian selatan.

“Paling sering kejadian kebakaran karena korsleting listrik. Juga, disebabkan kebocoran gas elpiji hingga lupa mematikan kompor. Karena itu masyarakat harus selalu waspada dan berhati-hati saat meninggalkan rumah,” katanya, Sabtu (24/12/2022).

Dia mengatakan, kerugian paling banyak dialami pemilik kandang ayam di Kecamatan Baureno, karena 21.800 ekor ayam dan 160 sak pakan ayam ludes terbakar. Sebab kandang beserta isinya sehingga kerugian capai Rp 2 miliar.

Sementara, Kabid Pemadam dan Penyelamatan Damkar Bojonegoro Ahmad Adi Winarto mengatakan, jumlah kejadian kebakaran pada 2022 menurun dibandingkan pada 2021 lalu.

Baca Juga :   Warga Sweeping Pekerja Blok Cepu

“Ada 150 kejadian kebakaran sepanjang 2021 lalu,” kata Adi.

Dia mengatakan, paling parah kebakaran pada 2021 di Pasar Kepoh, sebanyak 350 kios dan berbagai macam dagangan habis terbakar. Kerugiannya juga sangat besar yakni mencapai Rp 10 miliar.

“Akibatnya banyaknya peristiwa kebakaran di tahun 2021 maupun 2022 masyarakat harus berhati-hati dan tetap waspada. Jika ada peristiwa kebakaran segera menghubungi petugas damkar,” katanya.(jk)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *