Jalan Berdebu Ancam Kesehatan Warga, Damkar Bojonegoro Bereaksi Cepat

user
Sasongko 06 Januari 2023, 20:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, merespon cepat keluhan warga adanya polusi debu di jalanan Gang Mawar, Jalan MH Thamrin, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (06/01/2023).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyemalatan (Damkarmat) Bojonegoro, Ahmad Gunawan mengatakan, pihaknya mengerahkan satu truk tangki bersama tiga orang petugas untuk melakukan pembersihan debu di lokasi tersebut.

"Ini bagian respon cepat kami, atas keluhan masyarakat yang melakukan aduan," katanya kepada SuaraBanyuurip.com.

Sebelumnya, adanya debu tebal dan pekat di sepanjang jalan tersebut sudah dikeluhkan warga sejak sebulan terahir. Debu berterbangan setelah kendaraan melintas, baik motor maupun mobil. Hal itu disebabkan adanya pengerjaan proyek saluran drainase di sisi kanan dan kiri jalan yang menyisakan debu di atas aspal.

"Mobil atau motor parkir beberapa jam saja, debunya nempel sudah tebal, seperti abu vulkanik gunung semeru," keluh Suyanto, salah satu warga setempat.

Menurut Suyanto, pekatnya debu tidak hanya mengotori kendaraan dan rumah, namun juga mengancam kesehatan ratusan keluarga. Terutama di RT 11, Desa Kauman. Bahkan sejumlah kelompok rentan, seperti balita dan lansia mengalami batuk-batuk, sesak nafas hingga demam. Semenjak banyaknya debu di lingkunganya.

"Diduga sakit akibat terlalu sering menghirup debu. Pekatnya debu itu membuat warga harus menyapu untuk membersihkan debu hingga lima kali sehari. Kini warga bisa bernafas lega, setelah petugas damkar melakukan pembersihan," ucapnya.(fin)

Kredit

Bagikan