Disnakkan Bojonegoro Terima 40.000 Dosis Vaksin PMK

user
Nugroho 04 Februari 2023, 20:30 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sebanyak 40.000 dosis vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi telah sampai di Bojonegoro, Jawa Timur. Vaksin ini untuk mengatasi penyakit PMK yang kembali merebak di Bojonegoro.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Catur Rahayu mengatakan, tahun lalu sebanyak 134.050 hewan ternak telah divaksin. Hal tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan imun ternak agar tidak mudah tertular virus.

"Vaksin sebagai pencegahan penyebaran PMK. Termasuk mengurangi dampak penyakit hewan di wilayah terinfeksi," katanya, Sabtu (4/2/2023).

Dia mengatakan, akhir Januari lalu Disnakkan Bojonegoro telah menerima sebanyak 40.000 dosis. Vaksin itu nantinya akan diberikan kepada hewan ternak baik yang berada di pasar hewan maupun milik warga.

"Tercatat per Rabu (1/02/2023) lalu sebanyak 59 ekor ternak sudah dikonfirmasi sembuh dari 456 ekor ternak yang terlaporkan terjangkit PMK," katanya.

Pihak Disnakkan juga mengimbau, bagi peternak yang ternaknya ingin di vaksin dapat menghubungi petugas (Mantri Ternak) di wilayahnya masing-masing. Sebab nantinya akan dilakukan seleksi pemetaan wilayah.

"Jika wilayah/desa tersebut terkategori oleh petugas sebagai zona hijau, maka vaksinasi bisa segera dilaksanakan," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan