Bakesbangpol Bojonegoro Gelar Seminar Pemilih Pemula untuk Pemilu 2024

user
nugroho 28 Juli 2022, 21:58 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bojonegoro, Jawa Timur menggelar seminar pendidikan politik pemilih pemula di Pendopo Kecamatan Padangan. Seminar ini diperuntukkan siswa jenjang SMA dan SMK untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu 2024 mendatang.

Kepala Kesbangpol Bojonegoro Mahmudi mengatakan, di era digitalisasi para generasi muda sebagai pemilih pemula dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu serentak 2024 mendatang.

"Hal ini untuk meningkatkan kesadaran politik dan meningkatkan kualitas demokrasi," katanya, Kamis (28/7/2022).

Dia mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan Bangkesbangpol bekerja sama dengan KPU dan Panwaslu Bojonegoro. Yakni dengan mengundang pemilih pemula yang diambilkan dari SMA/SMK Negeri dan Swasta kelas XI.

"Sekitar 100 peserta yang mengikuti kegiatan ini, dengan mengundang narasumber dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, KPU, Panwaslu dan Akademisi serta dihadiri oleh partai politik," katanya.

Mahmudi mengatakan, tahun 2024 akan dilaksanakan pemilu serentak untuk memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR, DPD dan Presiden/Wakil Presiden. Proses pemilu merupakan proses politik untuk memilih wakil wakil rakyat yang akan menentukan arah pembangunan bagi negara selama 5 tahun ke depan.

Politisi Nasdem Wahyu Setiawan menjelaskan, masyarakat harus sadar terkait pemilihan umum yang berintegritas dari proses sampai hasilnya. Sebab, pemilu akan menghasilkan wakil rakyat yang amanah.

"Untuk itu jangan sampai proses pemilu diwarnai pelanggaran yang dapat mengurangi integritas pelaksanaan pemilu" kata Wakabid Kaderisasi dan Pendidikan Politik itu.

Salah satu narasumber Mudzar Fahman menuturkan sangat mendukung adanya pendidikan politik bagi pemilih pemula yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol.

"Yakni untuk mengawal pemilu yang jujur, adil, dan bersih akan melahirkan pemimpin yang memiliki legitimasi," katanya.(jk)

Credits

Bagikan