Mantan Presdir PT ADS Layangkan Laporan Penyalahgunaan Wewenang ke DPRD Bojonegoro

user
Nugroho 06 September 2022, 09:31 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Polemik pemecatan Lalu M Syahril Majidi sebagai Presiden Direktur (Presdir) PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) oleh Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Mu'awanah, memanas. Pria kelahiran Lombok Nusa Tenggara Barat itu akan melayangkan surat keberatan ke DPRD Bojonegoro atas terbitnya  SK Bupati Bojonegoro, Nomor : 188/343/KEP/412.013/2002 tentang Pemberhentian Direktur Utama PT. ADS tangga 26 Agustus 2022.

"Hari ini kuasa hukum yang saya tunjuk ke Bojonegoro untuk menyampaikan surat keberatan atas SK Bupati dan menyampaikan laporan penyalahgunaan wewenang ke DPRD," kata mantan Presdir PT ADS, Lalu M Syahril Majidi kepada suarabanyuurip.com, Selasa (6/9/2022).

Syahril menjelaskan tujuannya menyampaikan surat keberatan atas SK Bupati dan penyalahgunaan wewenang ini agar good corporate governance (GCG) pada BUMD PT ADS menjadi tegak sebagaimana tujuan dari amanat peraturan perundangan.

"Apa yang saya lakukan ini bukan karena saya menyayangi jabatan. Tetapi agar tata kelola perusahaan menjadi lebih baik," tegas pria pernah menjadi wartawan salah satu media nasional itu.

Syahril menandaskan, sebagai seorang yang mendalami GCG (Doktor dibidang keuangan dan GCG/tata kelola perusahaan), maka sudah menjadi kewajiban dirinya untuk memperjuangkan implementasi tersebut khususnya pada BUMD. Sehingga diharapkan BUMD dapat berkembang secara berkesinambungan (sustainability). Dengan begitu, BUMD dapat terhindar dari praktik - praktik konflik kepentingan jangka pendek.

"GCG ada secara esensial bertujuan untuk memproteksi institusi khususnya dalam hal ini BUMD dari "kepentingan" yang melenceng dari tujuan pendirian BUMD tersebut," jelas pria yang lama berkecimpung di dunia bursa saham itu.

Disinggung selain melayangkan surat keberatan ke DPRD Bojonegoro apakah juga akan melakukan gugatan ke PTUN, Syahril menyatakan belum.

Untuk diketahui, Syahril menunjuk empat pengacara dari Kantor Hukum R Teguh Santoso dan Rekan dari Surabaya.

Dikonfirmasi terpisah Pimpinan DPRD Bojonegoro, Sukur Prianto mengaku belum menerima surat keberatan dari Lalu M Syahril Majidi atas pemecetannya sebagai Presdir PT ADS oleh Bupati Bojonegoro.

"Belum," ujar Politisi Partai Demokrat dikonfirmasi, Selasa (6/9/2022) pukul 8:59 wib.

Untuk diketahui, Lalu M Syahril Majidi diberhentikan sebagai Presdir PT ADS melalui SK Bupati dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) di Ruang Energi Lantai 6 Pemkab Bojonegoro, pada 26 Agustus 2022.

Syahril menjabat Presdir PT ADS baru dua tahun sejak diumunkan dalam RUPS pada Agustus 2020 lalu.(fin)

Credits

Bagikan