PDIP Lakukan Penjaringan Bacaleg DPRD Tuban

user
Sasongko 24 September 2022, 16:20 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Teguh Budi Utomo

Tuban – DPC PDIP Kabupaten Tuban, Jatim mulai melakukan penjaringan/pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Tuban di Sekretariat DPC PDIP Tuban, Sabtu (24/09/2022).

Langkah itu menjadi indikasi, bila partai besutan putri sang Proklamator Ir Soekarno itu siap menghadapi Pemilu 2024. Sekaligus telah rampung tahapan politik di internal, dan eksternal dari Banteng mulut putih.

Tahapan di internal partai, menurut Ketua DPC PDIP Kabupaten Tuban, Andhi Hartanto, sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Diantaranya, mulai konsolidasi internal, eksternal, sosialisasi tahapan Pemilu, hingga pengusulan serta penjaringan Bacaleg untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Politisi asal Soko itu menambahkan, sesuai mekanisme kepartaian yang diatur di Peraturan Partai 25 A 2018, dalam minggu lalu DPC telah mengajukan usulan untuk Bacaleg DPR RI Dapil IX, dan Bacaleg DPRD Provinsi Dapil XII (Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro).

Terkait posisi Bacaleg DPR RI, DPC PDIP Tuban mengusulkan nama H. Abidin Fikri, S.H., M.H., sedangkan untuk Bacaleg DPRD Provinsi Jatim menggotong tiga politisi, Moch. Abu Cholifah, Go Tjong Ping, dan Eny Kristyawati.

Ia tambahkan, hari ini DPC (PDIP Tuban-Red) melakukan penjaringan Bacaleg untuk DPRD Kabupaten Tuban, baik melalui usulan dari PAC, maupun dari kader, anggota, simpatisan, dan tokoh masyarakat yang mendaftar langsung di Kantor DPC.

"Selanjutnya nama-nama yang masuk dalam penjaringan, akhir bulan ini akan disampaikan kepada DPD dan DPP untuk dilakukan penyaringan sesuai mekanisme kepartaian,” terang Andhi.

Di tempat sama, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tuban, Tulus Setyo Utomo, mengatakan, prosesi politik berupa penjaringan Bacaleg DPRD Tuban kali ini mendapat sambutan antusias dari kader. Banyak kader potensial yang telah menyatakan diri siap bertarung pada Pemilu 2024.

“Sampai dengan sore hari ini antusias seluruh kader yang mengikuti penjaringan sangat luar biasa, dari kuota 50 Bacaleg yang akan ditugaskan pada semua Dapil, saat ini sudah mendaftar melebihi kuota,” kata Tulus Setyo Utomo.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, Sandy Ariyanto, menambahkan, pihaknya optimis PDI Perjuangan dapat meraih kesuksesan dan kemenangan pada Pemilu 2024 yang akan datang.

“Dengan antusiasnya kader dan masyarakat yang mengikuti penjaringan Bacaleg PDI Perjuangan, saya yakin target kemenangan Pemilu 2024 tercapai, baik pileg maupun pilpres,” kata Sandi Ariyanto. (tbu)

Kredit

Bagikan