Komisi IX DPR RI : Daerah Perlu Membuat Perda Tenaga Kerja Asing

user
Nugroho 01 Oktober 2022, 15:43 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Jakarta - Komisi IX DPR RI berharap pemerintah daerah memiliki peraturan daerah (Perda) tentang tenaga kerja asing (TKA), khususnya daerah-daerah yang memiliki potensi sumber daya alam besar. Tujuannya untuk memproteksi dari berbagai macam permasalahan yang timbul terkait dengan keberadaan pekerja asing di daerah.

"Daerah perlu membuat perda mengenai pekerja asing sebagai alat pelindung dari berbagai macam permasalahan yang timbul.
Sehingga semua langkah yang akan dihadapi itu dilindungi oleh peraturan," kata Anggota Komisi IX DPR RI Sri Meliyana.

Selain itu, Meli, sapaan akrabya, meminta pemerintah untuk menyajikan data yang jelas mengenai jumlah dan kondisi TKA yang bermukim dan bekerja di berbagai daerah di Indonesia. Menurut dia, kejelasan data ini penting sebagai bagian dari pengawasan dan juga untuk evaluasi bersama terkait dengan berbagai macam keluhan yang berhubungan dengan pekerja asing.

“Sudah kami sampaikan ke pihak pemerintah daerah, karena sesungguhnya pemerintah daerah menjadi struktur yang paling kuat untuk membuka semua keluhan-keluhan dalam rapat tadi, seperti transparansi perusahaan asing terhadap pihak-pihak yang seharusnya boleh tahu,” ucapnya dikutip dari laman parlementaria.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, pihaknya menyayangkan adanya pihak-pihak yang mencoba menutupi keterbukaan data terkait pekerja asing, karena dapat menimbulkan potensi persepsi negatif di masyarakat mengenai pekerja asing. Oleh karena itu, penting adanya kesadaran masing-masing pihak, khususnya perusahaan untuk menyajikan data yang transparan.

“Kalau di dalam (perusahaan) itu tidak ada apa-apanya, kenapa harus ditutupi menimbulkan persepsi yang konotasinya negative. Harapan kami semua (pihak) jadi transparan menjadi penting data yang bisa kami baca dan bisa kami analisa juga menjadi penting,” tuturnya.(suko)

Kredit

Bagikan