Lewat Pameran, DEN Edukasi Transisi Energi ke Masyarakat

user
Sasongko 21 Oktober 2022, 12:54 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Jakarta - Pemerintah terus berupaya untuk pencapaian target Emisi Nol Bersih atau Net Zero Emisssion (NZE) di tahun 2060. Salah satunya dengan menyelenggarakan pameran bertajuk Transisi Energi.

Kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), khususnya masyarakat, terkait energi bersih, ketahanan energi, dan transisi energi untuk menuju NZE.

Pameran tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal pada 20-21 Oktober 2022. Pameran Transisi Energi merupakan kegiatan inisiasi dari Dewan Energi Nasional (DEN) bersama Pusat Studi Hukum dan Pertambangan (PUSHEP).

"Pameran ini juga menjadi wadah koordinasi DEN dan berbagai sektor untuk memastikan rencana transisi energi disusun dengan memperhatikan aspek-aspek kemandirian dan ketahanan energi nasional," kata Anggota DEN, As Natio Lasman, dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM.

Dalam pelaksanaan transisi energi di Indonesia memiliki tantangan yang harus dihadapi, khususnya terkait dengan kemandirian dan ketahanan energi. Isu ketahanan energi merupakan isu strategis dikarenakan pemanfaatan EBT saat ini adalah 12% dari total bauran energi nasional.

Oleh karenanya, dalam menyusun peta jalan transisi energi, pemerintah senantiasa memperhatikan aspek availability (ketersediaan energi), affordability (harga energi yang terjangkau), accessibility (akses terhadap energi), dan acceptability (penerimaan sosial dan lingkungan).

"Untuk memastikan Indonesia berhasil mencapai NZE dan ketahanan energi nasional," jelasnya.

As Natio berharap, dari keikutsertaan para Pemerintah Daerah pada Pameran Transisi Energi ini, akan menumbuhkan motivasi dan mendorong pemanfaatan EBT di wilayahnya masing-masing.

"Sehingga total bauran EBT dalam energi nasional akan meningkat dan sesuai dengan target 23% pada tahun 2025 mendatang," pungkasnya.(sam)

Kredit

Bagikan