Pilkades Serentak Bojonegoro : Habis Nyoblos, Warga Wonocolo Terima Amplop

user
Nugroho 26 Oktober 2022, 16:16 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Bojonegoro - Warga Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menerima amplop usai menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilkades setempat, Rabu (26/10/2022). Amplop tersebut berisi uang saku yang merupakan patungan dari para Calon Kepala Desa (Cakades).

Pilkades Wonocolo diikuti lima kontestan. Yakni nomor urut 1 atas nama Muntalip, nomor urut 2 atas nama Sutrisno, nomor urut 3 atas nama Sarimanto, nomor urut 4 atas nama Jasmin (incumben), dan nomor urut 5 atas nama Ngadenan.

Dari pantauan, warga mulai datang ke TPS pukul 08.00 Wib. Mereka absen untuk mendapatkan kartu suara, lalu masuk di bilik suara dan selanjutnya menyelupkan tangan kedalam tinta. Sebelum keluar dari TPS, ada seorang petugas yang membagikan amplop kepada warga yang telah menggunakan hak pilihnya di pintu keluar.

Dari pengakuan salah satu warga yang enggan disebutkan namanya, pemberian uang saku itu merupakan kesepakatan antara calon. Dia tidak tahu persis berapa jumlah uang di dalam amplop itu. Meskipun dia sudah menggunakan hak pilih dan menerima amplop.

"Mungkin Rp50 ribuan. Gak enak kalau tak buka di sini," kata dia usai mencoblos.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemungutan Suara Pilkades Wonocolo, Sutiyo, belum memberikan statemen.

"Nanti saja setelah selesai jam 2 (pukul 14.00 WIB)," katanya.

Dia menyampaikan, terdapat tiga lokasi yang bisa digunakan warga untuk menggunakan hak suaranya. Yakni TPS 1 atau induk di Balai Desa Wonocolo, lalu dua TPS lain menempati rumah warga.

Data diperoleh, terdapat 1.412 warga yang memiliki hak suara untuk memilih cakades. TPS 1 ada 481 hak suara, TPS 2 terdapat 491 hak suara, dan TPS 3 terdapat 440 hak suara. Sampai berita ini diturunkan, proses pemungutan suara masih berlangsung.(ams)

Kredit

Bagikan