Pilkades Serentak Bojonegoro : Di Wonocolo Petahana Tumbang, di Beji Incumbent Menang

user
Nugroho 26 Oktober 2022, 18:20 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Bojonegoro - Jasmin, calon kepala desa (Cakades) petahana kalah dalam Pilkades Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (26/10/2022). Cakades incumbent nomor urut 4 itu berada diurutan ketiga dengan memperoleh 113 suara.

Sementara cakades yang memperoleh suara terbanyak dalam Pilkades Wonocolo adalah Sarimanto (nomor urut 3) memperoleh 854 suara. Disusul urutan kedua, cakades nomor urut 5 atas nama Ngadenan mendapat 128 suara.

Selanjutnya nomor urut 1 atas nama Muntalip memperoleh 76 suara dan terakhir nomor urut 2 atas nama Sutrisno memperoleh 61 suara.

Penghitungan suara pilkades di wilayah sumur minyak tua (Wonocolo) itu dilaksanakan pada pukul 14.15 WIB. Usai pencoblosan dinyatakan ditutup oleh panitia.

Penghitungan surat suara dilakukan di tiga tempat pemungutan suara (TPS). Setelah pemungutan suara selesai, semua kotak suara dari tiga TPS dibawa ke Balai Desa Wonocolo untul dilakukan rekapitulasi.

Ketua Panitia Pilkades Wonocolo, Sutiyo, menyampaikan, penghitungan suara disaksikan oleh masing-masing saksi dari lima calon. Dari jumlah 1.412 hak pilih, sebanyak 168 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya. Sementara total suara sah yang masuk sebanyak 1.232 suara, dan 12 suara tidak sah.

"Jadi total suara yang masuk sebanyak 1.244 suara," kata dia.

Dari hasil penghitungan suara dan rekapitulasi, lanjut Sutiyo, cakades nomor urut 3 atas nama Sarimanto memperoleh 854 suara.

"Ini mengungguli calon yang lain dan mengalahkan calon petahana," ujarnya.

Sementara itu, Camat Kedewan Palupi Hadi Pratih Dewanti, saat di Desa Wonocolo menyampaikan, bahwa tingkat partisipasi masyarakat cukup bagus.

"Rata-rata setiap TPS mencapai 90 persen," ujarnya.

Untuk perhelatan Pilkades Beji, Kecamatan Kedewan, dimenangi calon petahana, Rahayuningsih. Cakades nomor urut 2 ini memperoleh 680 suara. Sedangkan rivalnya, Ladi mendapat 823 suara. Pencoblosan dilaksanakan di lima TPS.(ams)

Kredit

Bagikan