Pilkades Serentak Bojonegoro : 15 Cakades Petahana Menang, 10 Lainnya Tumbang

user
Nugroho 26 Oktober 2022, 21:07 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Dari 25 calon kepala desa (Cakades) petahana yang bertarung dalam pilkades serentak gelombang pertama tahun 2022 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (26/10/2022), hanya 15 orang mampu mempertahankan jabatannya. Sementara 10 lainnya tumbang dalam perhelatan pesta demokrasi tingkat desa.

Data yang diperoleh suarabanyuurip.com, selain banyak petahana yang kalah, dari 8 orang cakdes yang pernah menjabat hanya 4 orang yang menang. Sementara dari 51 calon baru 14 orang yang berhasil melenggang ke kursi kepala desa.

Ke 10 cakades petahana yang menang dalam Pilkades serentak di Bojonegoro adalah Rahayuningsih, Kades Beji, Kecamatan Kedewan; Rokis Riskon, Kades Kauman, Kecamatan Baureno; Dewi Wulandari Nurul Istiqomah, Kades Tloagung, Kecamatan Baureno; Didik Dwi Agung Supangadi, Kades Sukorejo; Kecamatan Malo; Kasmani, Kades Kalangan, Kecamatan Margomulyo.

Kemudian, Sudawam, Kades Pelem, Kecamatan Purwosari; Alif Miftahul Khoir, Kades Tanjung, Kecamatan Tambakrejo; Subari, Kades Bakalan, Kecamatan Tambakrejo; Abdul Habib, Kades Pengkol, Kecamatan Tambakrejo; M Aziz Ghozali, Kades Kacangan, Kecamatan Tambakrejo; Siti Kholifah, Kades Pandantoyo, Kecamatan Kapas; Asmadi, Kades Sranak; Kecamatan Trucuk; Sulibianto, Kades Dukohkidul; Kecamatan Ngasem; Sukisno SM, Kades Jampet, Kecamatan Ngasem; dan Pujiyono, Kades Kendung; Kecamatan Padangan.

Sementara 10 cakades incumbent yang tumbang adalah Mustakim, Kades Ngraho, Kecamatan Ngraho; Subeno, Kades Semanding; Kecamatan Bojonegoro; Teguh Santoso, Kades Sidomukti, Kecamatan Kepohbaru; Sri Murtiningrum, Kades Sidorejo, Kecamatan Sukosewu; dan Bambang Gunawan, Kades Sumuragung, Kecamatan Sumberrejo.

Selanjutnya, Jasmin, Kades Wonocolo; Kecamatan Kedewan; HR Ghozali Dwianto; Kades Kasiman; Kecamatan Kasiman; Zainal Abidin, Kades Lebaksari, Kecamatan Baureno; Nur Ali, Kades Sumbertlaseh; Kecamatan Dander; dan Marji, Kades Pragelan, Kecamatan Gondang.

Untuk 4 cakdes yang pernah menjabat dan menang dalam pilkades yakni Matholhah, mantan Kades Lebaksari; Kecamatan Baureno; Slamet Riyanto, mantan Kades Kedungrejo, Kecamatan Baureno; Abdul Hamid, mantan Kades Kabalan, Kecamatan Kanor; dan M Makruf, Mantan Kades Betet, Kecamatan Kepohbaru.

Kepala Seksi (Kasi) Bina Administrasi dan Aparatur Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bojonegoro, Andri Fernandi menyampaikan, pilkades serentak gelombang 1 tahun 2022 dilaksanakan di 33 yang tersebar di 21 kecamatan. Ada 84 cakades bertarung untuk memimpin desa enam tahun kedepan. Dari jumlah itu, sebanyak 69 cakades adalah laki-laki dan 19 perempuan.

"Dari 84 calon itu 25 orang adalah petahana, 51 calon baru dan 8 merupakan mantan kades yang pernah menjabat sebelumnya," ujarnya.(suko)

Kredit

Bagikan