Presiden Jokowi Buka KTT G20, Siapa Saja Pemimpin Negara yang Hadir ?

user
Nugroho 15 November 2022, 19:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Bali - Sebanyak 37 pemimpin negara dan tamu undangan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membuka acara tersebut di The Apurva Kempinski Bali, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

“Hari ini saya nyatakan KTT G20 dibuka. Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia,” ujar Presiden membuka KTT.

Presiden menyampaikan, Indonesia merasa terhormat dapat memegang presidensi G20 di tahun 2022 ini.

“Merupakan kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20,” ucapnya dikutip dari laman Setkab.

Dalam pidatonya pada sesi I KTT G20, Jokowi menyampaikan, dunia sekarang ini sedang mengalami tantangan yang luar biasa akibat berbagai krisis, mulai dari pandemi COVID-19, rivalitas yang menajam, hingga perang yang terjadi. Berbagai krisis tersebut berdampak terhadap ketahanan pangan, energi, dan keuangan yang sangat dirasakan dunia, terutama negara berkembang.

Karena itu, lanjut mantan Walikota Solo itu menegaskan, paradigma dan semangat kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia.

“Kita tidak punya pilihan lain. Paradigma kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia. Kita semua memiliki tanggung jawab, tidak hanya untuk masyarakat kita, tetapi juga untuk semua orang di dunia,” ujarnya.

Jokowi menegaskan bahwa bertanggung jawab berarti menghormati hukum internasional dan prinsip-prinsip Piagam PBB secara konsisten. Bertanggung jawab juga berarti menciptakan situasi win-win, bukan zero-sum.

“Bertanggung jawab di sini juga berarti kita harus mengakhiri perang. Jika perang tidak berakhir, akan sulit bagi dunia untuk bergerak maju. Jika perang tidak berakhir, akan sulit bagi kita untuk bertanggung jawab atas masa depan generasi sekarang dan mendatang,” ungkapnya.

“Kita seharusnya tidak membagi dunia menjadi beberapa bagian. Kita tidak boleh membiarkan dunia jatuh ke dalam perang dingin lainnya,” tegasnya.

Jokowi mengungkapkan, Indonesia memiliki 17 ribu pulau, 1.300 suku bangsa, serta lebih dari 700 bahasa daerah. Demokrasi di Indonesia berjalan dari pemilihan kepala desa pada tataran tingkat desa hingga ke pemilihan presiden. Untuk itu, pihaknya mendorong agar G20 memiliki semangat dialog yang sama untuk menjembatani perbedaan.

“Sebagai negara demokrasi, Indonesia sangat menyadari pentingnya dialog untuk mempertemukan perbedaan, dan semangat yang sama harus ditunjukkan G20,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menjamu makan siang para pemimpin negara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengundang Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (PSSI) Gianni Infantino untuk menyampaikan sambutan.

Dalam pidatonya, Presiden IOC Thomas Bach menyampaikan apresiasi atas tema KTT G20 “recover together, recover stonger” yang menurutnya selaras dengan tema olimpiade “lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat bersama”.

“Saya mengapresiasi Presiden Joko Widodo karena memilih tema untuk KTT ‘recover together, recover stronger’ yang sempurna dirangkum dengan moto olimpiade baru kami ‘lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat bersama’,” ujar Bach.

Bach meminta kepada para pemimpin G20 untuk memberi kesempatan kepada IOC untuk berkontribusi mewujudkan perdamaian dan saling pengertian melalui olahraga.

“Dukung otonomi olahraga seperti yang anda mendukung begitu banyak resolusi dan deklarasi PBB. Tidak banyak kesempatan di mana semua umat manusia dapat mengesampingkan perbedaan kita dan bersatu dalam damai,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino meminta kepada para pemimpin dunia untuk memikirkan opsi gencatan senjata sementara sebagai langkah awal perdamaian selama satu bulan penyelenggaraan Piala Dunia.

“Anda adalah pemimpin dunia. Anda memiliki kemampuan untuk mempengaruhi inti sejarah,” kata Gianni.

Gianni pun mengajak para pemimpin untuk mengambil kesempatan ini untuk melakukan berbagai cara untuk mengakhiri semua konflik yang sedang melanda dunia.

“Sepak bola dan Piala Dunia semuanya bingkai, anda dan dunia adalah platform unik persatuan dan perdamaian di seluruh dunia,” ujarnya.(suko)

Berikut urutan kedatangan para pemimpin negara G20 dan tamu undangan yang hadir di KTT G20:

1. Presiden Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) Mathias Cormann

2. Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser

3. Ketua Financial Stability Board (FSB) Klaas Knot

4. Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa

5. Direktur Jenderal (Dirjen) World Trade Organisation (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala

6. Dirjen World Health Organisation (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus

7. Presiden World Bank Group David Malpass

8. Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva

9. Dirjen International Labour Organization (ILO) Gilbert F. Houngbo

10. Delegasi dari Republik Kepulauan Fiji

11. Delegasi dari Republik Suriname

12. Menteri Luar Negeri (Menlu) Meksiko Marcelo Ebrard Casaubon

13. Menlu Brasil Celso Luiz Amorim

14. Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Shien Loong

15. PM Belanda Mark Rutte

16. Presiden Rwanda Paul Kagame

17. Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen

18. Presiden Dewan Eropa Charles Mitchel

19. PM Inggris Rishi Sunak

20. PM Kanada Justin Trudeau

21. PM Jepang Fumio Kishida

22. Presiden Senegal Macky Sall

23. PM Australia Anthony Albanese

24. Kanselir Jerman Olaf Scholz

25. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres

26. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

27. Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa

28. Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol

29. Presiden Argentina Alberto Fernandez

30. Menlu Rusia Sergei Lavrov

31. PM India Narendra Modi

32. Presiden Persatuan Emirat Arab Mohammed Bin Zayed Al Nahyan

33. PM Arab Saudi Mohammed bin Salman

34. PM Italia Giorgia Meloni.

35. Presiden Perancis Emmanuel Macron

36. Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping

37. Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Kredit

Bagikan