Kades Campurejo Minta Bupati Realisasikan Dana Transfer

user
Sasongko 02 Januari 2023, 21:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Kepala Desa (Kades) Campurejo, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Edi Sampurno, minta Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, merealisasikan dana transfer. Sebab pihaknya telah memenuhi persyaratan dana transfer berdasarkan target kinerja.

Kades ring satu lapangan Migas Sukowati ini mengaku, belum menerima realisasi transfer dana Bagi Hasil Pajak Daerah (BHPD) dan Bagi Hasil Retribusi Daerah (BHRD). Padahal tidak ada aturan sistem bagi hasil yang mensyaratkan pada pagu Pajak Bumi dan Bangunan Pedesan dan Perkotaan (PBB-P2).

"Oleh sebab itu, hari ini kami ajukan surat kepada Bupati Bojonegoro, perihal kejelasan dana transfer," kata Kades Campurejo, Edi Sampurno, kepada SuaraBanyuurip.com, Senin (02/01/2023).

Dijelaskan, dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro Nomor 32 Tahun 2014, Pasal 7 bahwa pengalokasian bagi hasil pajak dihitung berdasarkan ketentuan yaitu, pertama, 60% dibagi secara merata kepada seluruh desa. Kemudian kedua, 40% dibagi secara proporsional sesuai kontribusi penerimaan pajak daerah dari masing-masing desa.

"Maka berdasar Perbup 32/2014 ini, Desa Campurejo meminta dengan hormat untuk segera dapat disalurkan bagi hasil pajak. Dikarenakan kami sudah setor PBB-P2 sebesar kurang lebih 86,60% dari pagu total Desa Campurejo," jelasnya.

Begitu pula jika pihaknya mendasarkan pada Perbup 32/2015 Pasal 15 ayat 2 huruf a angka 2, yang menyatakan bahwa persyaratan penyaluran dana transfer telah melakukan pemungutan dan penyetoran PBB-P2 berdasarkan target kinerja sesuai ketentuan sebelumnya dan atau tahun berkenaan. Maka berhak untuk meminta dana transfer yang belum terealisasi.

"Kami minta dana tranfser segera direalisasikan. Karena tidak jelasnya patokan target kinerja yang dimaksud dalam Perbup itu," ujarnya.

Terpisah, Asisten Administrasi Umum, Ninik Sumiati, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Machmuddin, tidak memberikan pernyataan saat dikonfirmasi perihal penundaan BHPD dan BHRD tesebut hingga berita ini ditayangkan.(fin)

Kredit

Bagikan