Selama 2022, Dana PKH Rp 170,6 Miliar Telah Disalurkan ke Warga Bojonegoro

user
Nugroho 09 Januari 2023, 20:19 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sebanyak 58.518 keluarga di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur tercatat sebagai penerima manfaat bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Jumlah penerima bansos tersebut, juga merupakan realisasi selama tahun 2022.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Bojonegoro Tatik Purnomo Rini mengatakan, bansos PKH sebelumnya disalurkan melalui penerima manfaat masing-masing. Namun, untuk saat ini penyaluran melalui PT Pos Indonesia.

"Untuk di Bojonegoro sendiri pada 2022 ada sebanyak 58.518 bansos PKH yang telah terealisasi," katanya, Senin (9/1/2023).

Sementara, kata dia, untuk total keseluruhan anggaran yang telah tersalurkan mencapai Rp 170.695.125.000 ke semua penerima bansos PKH. Namun, untuk setiap keluarga penerimaan PKH mendapatkan anggaran yang berbeda karena ada kriterianya.

"Anggaran yang disalurkan itu mulai dari tahap pertama sampai empat atau selama 2022," kata Titik sapaan akrabnya.

Untuk kriteria penerima di antaranya seperti di bidang kesehatan ada ibu hamil, anak usia 0 s/d 6 tahun, bidang pendidikan yakni memiliki anak yang terdaftar di tingkat SD sampai SMA atau sederajat. Juga, kata dia, bidang kesejahteraan sosial seperti lanjut usia di atas 60 tahun dan disabilitas.

"Untuk PKH, setiap warga yang tercatat sebagai penerima PKH mendapat bantuan nilainya bervariasi. Karena tergantung kategori yang terdaftar di Kementerian Sosial," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan