465 Ribu Perempuan di Jatim Menganggur

user
Nugroho 12 Januari 2023, 06:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim mencatat jumlah perempuan yang berstatus sebagai penganggur sebanyak sekitar 465 ribu orang. Perempuan yang menganggur tersebut terdiri dari 204 ribu orang atau 43,83 persen penganggur yang pernah memiliki pengalaman bekerja. Selain itu, sebanyak 261 ribu orang atau 56,17 persen penganggur tidak pernah bekerja dan belum memiliki pengalaman kerja.

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan menjelaskan bahwa kelompok penganggur yang pernah bekerja dan penganggur yang belum pernah bekerja memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

“Akan tetapi secara umum, kelompok penganggur yang pernah bekerja biasanya lebih rasional dalam memilih pekerjaan dan mempertimbangkan pendapatan yang akan diterimanya,” kata Dadang dalam laman resmi BPS Jatim.

Menurut dia, penganggur yang pernah bekerja juga biasanya memiliki jaringan informasi yang lebih luas dan lebih memiliki gambaran dan informasi tentang lapangan pekerjaan yang diinginkan.

"Kondisi ini biasanya akan menyebabkan kelompok ini biasanya memiliki waktu tunggu yang lebih singkat dalam mendapat pekerjaan dibanding kelompok yang belum pernah bekerja," jelasnya.(suko)

Kredit

Bagikan